Tentang Android Terbaru, Sejarah Sistem Operasi Terlaris Abad Ini

By | May 30, 2019
sejarah android terbaru

Android – Tentang Android Terbaru, Sejarah Sistem Operasi Terlaris Abad Ini, Sebelum masuk dalam pembahasan utama pada artikel ini, yang juga merupakan artikel pertama saya di situs baru saya yakni https://komunitasandroid.com . Sesuai dengan judulnya sebagian besar mungkin 80% dari isi situs ini membahas tentang android, dan lainnya bebas semau gue hehehe.

Semoga dengan lahirnya artikel pertama ini bisa di baca dengan ikhlas oleh visitor. Untuk memperingati hari ini, saya akan mensticky artikel pertama ini selama beberapa bulan. Dan semoga kalian juga bisa menikmati apa yang akan saya tulis dengan gaya bahasa saya sendiri yang sedikit ngelantur tapi serius. Lets continue gengs.

Android adalah sebuah sistem operasi yang berbasis linux dan dibuat diperuntukkan gadget dengan layar sentuh seperti smartphone yang sudah banyak beredar di beberapa tahun terakhir ini. Android sendiri awalnya dikembangkan oleh Android, inc dengan sokongan dana dari Google, melihat perkembangannya yang semakin apik google pun langsung membelinya di tahun 2005 lalu. Ditahun itu saya masih pakek hape java deh kayaknya hahaha.

Sejarah Android

SEtelah google membeli Android pada tahun 2005, google tidak langsung menelurkan produknya, namun baru pada tahun 2008 lah ponsel/smartphone android baru di pasarkan, tepatnya pada Bulan Oktober tahun 2008. Kemampuan Interface pada awal keluarnya android belum seperti sekarang yang sudah luwes. gerakan sentuh, scroll atas bawah dan geser masih tergolong kaku.

htc dream android

Perlu kamu tahu juga pada tahun tersebut google sudah mengujicobakan sistem android kepada TV, android auto untuk mobile dan android wear untuk jam tangan. Nah ternyata teknologi ini sudah bisa kita gunakan sekarang ya gaess. Keren sekali.

Android adalah sistem operasai dengan sumber terbuka atau open source dimana gogel merilisnya dibawah lisensi apache, dengan adanya open source ini, orang umum bisa melakukan development atau pengembangan siste, sebut saja oprek oprek gitu gessss.

Baca juga : Emulator Android Ringan Terbaik untuk Windows dan MacOS

Karena dirilis secara opensource google memiliki komunitas pengembang yang sangat luas, bahkan ada yang freelance juga. Ada juga yang membuat modifikasi non official (sebut saja custom ROM).

Pada tahun 2013 pengguna android telah mencapai lebih dari 1 juta pengguna, dan hampir 50 miliar aplikasi telah di download melalui google play (yakni toko aplikasi androidTerbaru ). pada akhir tahun 2013 pengguna android semakin membludak dikarenakan semakin banyaknya varian smartphone yang menggunakan OS android ini diperkirakan sudah ada hampir 500 juta pengguna loh diseluruh dunia, perkembangan yang luar biasa dahsyat kan.

Salah satu yang membuat perkembangan dari android begitu cepat adalah adanya pengembang open source. Selain itu pemilik perusahaan teknologi yang memiliki modal minim mulai beralih ke OS yang harganya murah bahkan gratis seperti android ini, serta bsa dikustom secara bebas.

Perkembangan Sejarah Android Dari Masa ke Masa

Sejarah Android sendiri tidak lepas dari nama seorang Andy Rubin, Rich Miner , Nick SEars, Dan Chris White. Mereka adalah orang – orang dibalik munculnya OS terkeren abad ini. Tujuan awal dari pembuatan OS android adalah untuk mengembangkan sebuah siste OS canggih diperuntukkan kamrea digital. Namun si empunya ini sadar bahwa penggunanya / pasar tidak terlalu luas. Akhir mereka memutuskan untuk membuatnya di perangkat seluler untuk menyaingi Symbian dan Windows Mobile.

Anehnya nih meski yang mengembangkan adalah orang orang top di bidang tekno. Namun pengembangan android ini dilakukan secar diam diam, mereka hanya mengatakan bahwa akan membuat sebuah OS baru untuk telepon seluler, barulah pad atahun yang sama yakni 2003 itu si Rubin udah kehabisan modal dan akrhinya dia meminjam uang kepada Steve Perlman Sebesar $10000. Beberapa trial dan eror akhirnya dihadapi Rubin dan kawan – kawan. Bahkan untuk melakukan trial pada smartphone layar sentuh, Rubin harus meminjam smartphone milik temannya yang waktu itu masih menggunakan OS windows Mobile.

Perjuangan Rubin akhirnya membuahkan hasil setelah Google melirik program mereka pada tahun 2015 tepatnya 17 Agustus nih Android,inc diakuisisi oleh Google dan menjadi anak perusahaan google. Rubin sebagai owner sebelumnya tetap bekerja disana dan menjadi kepala pengembang OS android.

Pada tahun 2006 inilah google akhirnya melakukan spekulasi dengan memasuki pasar seluler, karena mereka juga sudah punya partner di ranah tersebut. Namun Google tidak langsugn menelurkan OS ini bersama dengan smartphonenya hanya OS doank yang diluncurkan.

Pada tanggal 5 November 2007 google bersama dengan Open Handset Alliance (alianasi pengembang perangkat seluler) akrhinya setuju untuk mengembangkan dan menanamkan OS Android pada perangkat seluler untuk pertama kalinya.

Android Terbaru

Tahukah kamu bahwa Smartphone pertama Android adalah HTC Dream yang meluncur pada 22 Oktober 2008. Barulah pada tahun 2010 google meluncurkan merknya sendiri dengan nama Nexus dengan seri Nexus One.

Versi Android Terlama Sampai Versi Android Terbaru

Setelah mengetahui sejarah tentang Android Terbaru sekarang kita akan berjalan mundur lagi sejenak untuk mengetahui nama – nama versi android yang sudah pernah meluncur di pasaran, dan perlu kamu tahu juga awal penamaan Jenis android dari desert ternyata bukan sejak awal loh gaes, lha terus sejak kapan ?. Apakah kamu semua juga sudah tahu, kalau belum tahu silahkan baca dibawah ini.

  • Android Beta
    Pertama kali dirilis pada tahun 2007 tepatnya 5 November dan dikembangkan lagi dengan software deevelopment kit (SDK) oleh google pda 12 November 2007.
  • Android 1.0 (astro)
    Ini adalah android resmi pertama di pasaran android 1.0 dirilis pada 23 SEptember 2008. Namun penamaan astro ternyata ada masalah dengan hak cipta, akhirnya android tidak jadi menamainya dengan nama ini dan hanya memberikan kode android 1.0 saja. Ponsel pertama yang mencicipi versi ini adalah HTC Dream.
  • Android 1.1 (bender)
    Seri ini dalah seri pengembangan dari versi 1.0 dengan nama Android Bender, rilis pada 9 Februari 2009. Versi update ini ternyata juga mendapatkan masalah pada penamaan karena melanggar trademark. Dan akhirnya versi android ini hanya dinamai android1.1. Di versi ini ada beberapa perbaikan bugs dan pergantian API serta penambhan vitur. Dan Hape yang mendapatkan update ini adalah T-Mobile G1 saja.
  • Android 1.5 Cupcake
    Dari SEri inilah google tak mau mengulang kesalahan dengan trademark, memutuskan memberikan varian nama dengan pencuci mulut dan urut bersamaan abjad yakni versi ketiga huruf C dan Cupcake adalah versi android ketiga. Versi android pada OS ini menggunakan Kernel Linux 2.6.27 ditambahkan pula beberapa update Ui terbaru, sudah ada widget yang bisa dibesarkan dan dikecilkan. Android 1.5 Cupcake dirilis pada 30 April 2009
  • Android 1.6 Donut
    Dirilis pertama kali pada 15 September 2009, didalamnya ada peningkatan cukup besar yakni UI yang lebih user friendlyu serta sudah mendukung hape dengan teknologi EVDO / CDMA, VPN. resolusi layar sudah semakin meningkat, dan perlu kamu tahu saya dulu sudah sempat menggunakan OS ini, wwkwkwk gak penting banget.
  • Android 2.0/2.1 Eclair
    Dirilis pertama kali pada tahun 9 Desember 2009, dan merupakan versi android yang pertama kali menyentuh tanah Air Indonesia ini. Di versi ini sudah terjadi peningkatan hardware, adanya peningkatan akurasi pada google maps, perubahanm tampilan UI dengan browser terbaru serta sudah support HTML5, tampilan daftar kontak yang keren, sudah support flash untuk kamera, bluethoot. Karena masih adanya beberapa bug serta diperlukan banyak pengembangan di banyak tempat, seri ini dirilis pada V 2.0.2 dan berakhir pada versi 2.1.
  • Android 2.2 Froyo (frozen yoghurt)
    Dirilis pada 20 Mei 2010, ponsel pertama yang mencicipi varian ini adalah google nexus One, kerennya seri nii sudah support dengan Adobe flash Player 10.1. Kecepatan sistem ketika membuka tutup aplikasi sudah berkembang pesar, penggunaan aplikasi di SD Card sebagai tempat aplikasi sudah bisa dilakukan. Mulai pada versi android inilah namanya melambung bahkan digadang bakalan menyaingi iOS. Android memberikan dua update di versi ini yakni V2.2.1 sampai V2.2.3.
  • Android 2.3 Gingerbread
    Pertama kali dikenalkan di khalayak umum pada 6 Desember 2010. Terjadi banyak sekali peningkatan dari versi sebelumnya mulai dari tampilan, kecepatan proses program. Bahkan kemampuan menghandle game mobile pun semakin smooth dan lancar. Di versi ini puola mulai digunakan Near Field Coomunication (NFC) untuk pertama kalinya.
    Seri ini sudah support dengan layar resolusi lebih besar dari WXGA. Di seri inilah paling banyak pengguna androidnya. SEri gingerbread diudate beberapa kali untuk penggunaan yang lebih lancar, mulai dari v2.3.3 sampai dengan v.2.3.7.
  • Android 3.0/3.1 Honeycomb
    Di lempar kepasaran pertama kali pada 22 Februari 2011 dan hape pertama yang mencicipinya adalah Motorola Xoom. Di versi ini tidak sembarang ponsel android bisa menggunakannya. Karena honeycomb memang spesial di kembangkan untuk pengguna Android tablet PC.
  • Android 4.0 ICS (ice Cream Sandwidch)
    Dirilis pada 19 oktober 2011 dimana terjadi perombakan besar pada tampilan, UI dan smoothness terjadi disini. Pertama kali disematkan pada Samsung Galaxy Nexus. Dan Versi update terakhir untuk Smartphone bebrasis android lama.
  • Android 4.1 Jelly Bean
    Dirilis pada tahun 2012, di versi ni pula google mmeberikan update yang cukpu banyak dari ICS mulai dari tampilan dan keresponsive an layar sentuh semua ada disini, scroll cepat kebawah pertama kali bisa dilakukan ya di versi ini. Google now pun pertama kali ini dan disematkan juga di versi android jelly Bean.
  • Android 4.4 Kitkat
    Dirilis pada tahun 2013, jika kamu pengguna windows 8.1 atau 10 mungkin kamu akan familiar dengan tampilannya yang lebih segar dan elegant. Pembaruan utama yang ada didalamnya adalah pencarian menggunakan suara.
  • Android 5.0 Lollipop
    Dirilis pada tahun 2014 tak banyak pembaruan didalamnya kecuali bagian tampilan atau design yang disesuaikan dengan jaman. Salah satu updateyang paling berkesan adalah, kemampuan smartphone membaca format gambar RAW. Cocok untuk para designer dan fotografer nih hehe.
  • Android 6.0 Marshmallow
    Dirilis pada tahun 2015, Jika di lollipop hanya tampilan dan design yang berubah di jenis versi android ini penggunaan terasa lebih lembut dan dinamis. Peningkatan keamanan juga disematkan, untuk pertama kalinya android memberikan sensor pemindai sidik jari. Dan fitur memory manager dimana pengguna bisa melihat dan menganalisa penggunaan storage.
  • Android 7.0 Nougat
    Dirilis pada tahun 2016 untuk pertama kalinya. OS ini saya kira Kenis Android modern yang mendapatkan perhatian cukup besar. Didalamnya tersemat update support untuk device virtual reality terbaru google, hadirnya google assistant menggantikan google now. dan penggunaan split screen yanglebih baik serta lancar.
  • Android 8.0 Oreo
    Dirilis pertama kali pada tahun 2017, versi ini dirilis dengan sedikit sekali pembaruan, namun yang paling terasa dirasakan penggunanya adalah tampilannya lebih manis dan segar, seperti menu battery, menu storage dan notifikasi terlihat lebih keren gitu aja. Tapi menurut beberapa pengguna android Oreo ini mampu bekerja lebih cepat, powerfull dan irit baterai dari pada nougat.
android pie terbaru
  • Android 9.0 Pie
    Dirilis pertama kali pada tahun 2018 dan merupkan jenis Android Terbaru pada saat artikel ini saya ketik. Beberapa update diberikan didalamnya yakni adanya smart reply. Dark moDe cocok digunakan pada saat malam hari. Fitur Lockdown dimana fitur secara otomatis kan mematikan sensor sidik jari dan voice unlock. dan hanya akan mengaktifkan lock PIN atau lock pattern. Dan paling karen dari Update Android Pie 9.0 adalah adanya fitur Adaptive Baterai kecerdasan buatan mampu mengiritkan serta membatasi penggunanaan palikasi berjalan. AI ini bisa memantau aplikasi mana yang menyerot daya paling banyak dan mematikannya.

Video Sejarah Android

Jenis Android Masa Kini

Jika pada tahun 2007 lalu Iphone dengan ioS nya mmapu mengausai pasar smartphone sampai dengan tahun 2009, pada tahun 2010 dominasi tersebut mulai teredam. bahkan pda tahun ini 2019 tepatnya pengusaan Android terhadap pasar sangat jauh dibanding penjualan iPhone.

Ini semua karena penjualan Smartphone Android murah namun tetap keren dan multifungsi. Tidak seperti iOs yang khusus digunakan oleh iPhone, OS Android bisa digunakan untuk berbagai merk tanpa harus membayar royalty, dan pengembangannya pun bisa bebas digunakan oleh perusahaan mana saja. Dan munculah ROM atau OS OS baru berbasis android.

Jenis Android Pure atau Android Murni

Adalah android terbaru yang benar – benar murni keluar atau dirilis dari pihak google, seperti kalau kamu makan oreo dengan rasa vanila krim putih kam masih murni tidak ada tambahan rasa lain didamnya. Pure Android disini kamu tidak akan menemukan bloatware atau aplikasi tambahan. Salah satu merk yang memberikan pure Android adalah Zenfone Max Pro.

Android One

Android one adalah sebuah program dimana android tidak dimodifikasi, namun google memberikan jaminan akan mendapatkan update dalam jangkan waktu dua tahu mendatang. Sedikit sama denagn versi pure Android, namun di versi pure Android tidak mendapatkan update, perusahaan sendirilah yang akan melakukan update tersebut.

Contoh smartphone android yang menggunakan android one adalah XIaomi mi A2 dan mi A2 Lite. Namun merk ponsel yang branding dengan versi in wajib menuliskan Android one di badan ponsel tersebut. Serta produsen wajib mengikuti peraturan android one tidak boleh mengubah tampilan produsen hanya bileh menambahkan beberapa aplikasi tambahan saja.

Baca juga : Android Pie, OS Terbaru yang Memiliki Banyak Fitur Berkesan

Android Go

Jenis terakhir dari varian Android Terbaru adalah Android Go, sama seperti dua yang saya sebutkan tadi nih, sistem yang adai Android Go ini murni tanpa adanya bloatware apapu. Namun sistem operasi disini memiliki kapasitas sorage lebih kecil karena memang didesain untuk smartphone dengan spesifikasi rendah misal ROM 8Gb dan Ram 1Gb atau bahkan kurang.

Android Go ini juga sering disebut dengan android versi ringan, bahkan aplikasi yang kamu unduh di versi ini via playstore juga akan mengikuti si empunya yang ikutan menjadi ringan, contoh nih Aplikasi Google Maps atau Gmail akan semakin ringan di Android Go dibanding di versiAndroid biasa. Namun aplikasi – aplikasi yang mengikuti sistem ini hanya aplikasi milik pihak google, you knowlah apa aja aplikasi itu.

Intinya nih Android Go diciptakan untuk para produsen hape android yang memiliki spesifikasi rendah, sehingga nantinya daya jualnya pun bisa miring, begono gaeesss.

Membuat Aplikasi Android

Ada Lebih Dari Jutaan Aplikasi sekarang ini yang bisa kalian unduh di playstore milik google ini belum aplikasi yang tidak masuk saringan playstore. Semakin banyaknya pengguna tentu akan memancing para developer mengembangkan aplikasi yang unik dan berguna untuk para penggunanya. Disamping itu Para developer ini jgua akan dibayar oleh google lewat Google Admob.

android studio

Apa Itu Google Admob, kalian cari tahu saja sendiri di google hehe. Membuat aplikasi android ternyata bisa dilakukan dirumah dengan menggunakan aplikasi Android Studio (dulu Eclipse). Dengan menggunakan android studio kamu bisa menggunakannya menciptakan beragam aplikasi. Namun perlu kamu tahu, kamu wajib mudengn dengan bahasa pemrograman gaess. gak asal drag and drop ajah.

Prosesor Yang Pernah Digunakan di Smartphone Android Terbaru

Sebelum membahas tentang prosesor pada Android ada baiknya saya mengenalkan secara singkat tentang istilah ARM, apakah kamu sudah pernah mendengarnya.

ARM adalah sebuah arsitektur dari sebuah prosesor atau microprosesor yang banyak digunakan di sebagaian besar perangkat mobile yang ada diapsarn. Tidak hanya di perangkat mobile bahkan tabler dan beberapa konsol game menggunakan arsitektur ARM.

ARM saat ini tengah digandrungi banyak pihak perusahaan besar. Bahkan perusahaan sekelas Nvidia, Samsung dan Apple rela membeli lisensi arsitektur milik ARM. Bahkan Intel dan AMD pun sempat menggunakannya untuk produk mereka yang berbasis MObile.

Saat ini ARM menjadi dasar sebagian besar CPU/prosesor yang digunakan perangkat mobile diseluruh dunia, keren banget yah, hingga sekarang sudah ada seri ARM Cortex seri M, R, A sampai seri A50.

Itu tadi sedikit penjelasan tentang arsitektur Prosesor ARM di perangkat Mobile. Untuk proses \or sendiri kamu mungkin sudah tahu beberapa jenisnya bukan kalau belum silahkan simak Prosesor Yang Banyak digunakan perangkat Mobile Android :

  • Prosesor Snapdragon
    Nama ini sudah sangat familiar ditelinga kalian bahkan kalau ada hape android yang tidak menggunakan prosesor ini dibilang hape kaleng – kaleng, itu karena snapdragon adalah prosesor pertama yang digunakan untuk mengoperasikan OS android. Snpadragon sendiri memiliki banyak bwanget varian dengan berbagai macam spesifikasi mulai low sampai high di ponsel Android Terbaru.
prosesor android
  • Prosesor Mediatek
    Orang awam pasti menyebutkan bahwa Hape cina Pasti pakek Mediatek, ada benernya sih, dan seringdisebut prosesor kelas dua. Namun jangan remehkan Prosesor Mediatek generasi terbaru yakni seri Helio. Seri ini digadang mampu menyaingi kekuatan dan kecepatan dari snapdragon.
  • Prosesor Samsung Exynos
    Yup prosesor besutan Samsung ini, memang dikhususkan pada pengguna Hape Samsung, untuk masalah daya pacu katanya cukup tangguh dalam hal performa. Untuk masalah grafik juga sudah bagus sekali. Dan irit baterai. Ternyata nih sekarang ini ada vendor luar Samsung yang mengadopsi Exynos salah satunya adalah Meizu.
  • Prosesor Kirin
    Kalau Samsung punya Exynos perusahaan mobile asal Cina Huawei punya Kirin. Untuk masalah performa Kirin tidak bisa dipandang sebelah mata karena memang performanya kenceng banget, dan sudah irit baterai juga loh.
  • Prosesor OMAP
    OMAP jarang terdengar namanya terutama di Indonesia, karena vendor hape yang dirilis di Asia sendiri jarang menggunakan Prosesor OMAP. Chipset OMAP ini terkenal di negara Barat khususnya Amerika, Hape dengan merk Motorola, Archos dan Nokia kebanyakan memakai Chipset satu ini, untuk daya tempur gak kalah sama snapdragon loh.
  • PXA
    OMAP jarang kedengaran apalagi PXA, prosesor keluaran perusahaan AMrvell ini emang ajrang sekali terdengar karena emang jarnag yang pakek, untuk hape yang pernah rilis di Indonesia hanya Coolpad yang pernah menggunakan daya tempur prosesor ini. Peformanya saya belum pernah tahu juga sih hahaha.

Nah itu Tadi penjelasan saya tentang Android , baik itu Mengenai sejarah Android, Jenis Android Terbaru, Versi Android terbaru dan macam – macam prosesor pada android. Apakah masih kurang pembahasan ini, jika iya, kamu bisa mengisikan unek – unek kalian di kolom komentar dibawah ini.

Terima Kasih Telah membaca Artikel ini, semoga bermanfaat jika berkenan bisa menekan tombol share dibawah ini, sampai jumpa lagi di artikel saya selanjutnya gengs.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *