Android Pie, OS Terbaru yang Memiliki Banyak Fitur Berkesan

By | May 26, 2019
Android Pie, OS Terbaru yang Memiliki Banyak Fitur Berkesan

Andriod Dan PC – Android Pie, OS Terbaru yang Memiliki Banyak Fitur Berkesan, Android bisa dibilang salah satu sistem operasi yang paling banyak digunakan saat ini. Bagaimana tidak, OS Google digunakan oleh begitu banyak perusahaan terkenal seperti Samsung, LG dan Xiaomi untuk produk mereka.

Dengan tema Open Source, Android terus dikembangkan dan diselaraskan dengan perkembangan teknologi saat ini, sebagai hasilnya setiap kali versi OS Android baru akan muncul. Versi Android terbaru adalah Android Pie 9.0 yang tentunya dilengkapi dengan fitur menarik. Gak Kerasa Sejarah Android sudah mencapi versi ke 9.

Android 9 “Pie” (yang sudah memiliki nama kode: Android P selama pengembangan) adalah pembaruan berikutnya dari Android 8.1 “Oreo” yang merupakan pembaruan versi ke-9 dan pembaruan ke-16 dari sistem operasi Android, untuk versi pengembangan pertama kali dirilis pada Maret 2018 dan dirilis ke publik pada 6 Agustus 2018.

Android Pie, dengan memiliki nama panggilan “Android P,” pertama kali diumumkan oleh Google pada 7 Maret 2018 dan versi pengembangan pertama dirilis pada hari yang sama. Versi pengembangan kedua, dianggap kualitas beta, dirilis pada 8 Mei 2018. Versi pengembangan ketiga, disebut Beta 2, dirilis pada 6 Juni 2018. Versi pengembangan keempat, disebut Beta 3, dirilis pada 2 Juli 2018 .

Beta Android P final dirilis pada 25 Juli 2018. Android “P” secara resmi telah dirilis ke publik tepatnya pada tanggal 6 Agustus 2018 dengan nama “Android 9 Pie” dan pada awalnya tersedia untuk perangkat Google Pixel dan Telepon Esensial. Sony Xperia XZ3 adalah perangkat pertama dengan Android Pie yang sebelumnya diinstal.

Lalu apa saja fitur yang dimiliki oleh OS android Terbaru Ini? Mari kita ulas bersama-sama.

Lacak Penggunaan Aplikasi dengan Dashboard

Dengan fitur ini, pengguna ponsel Android dapat memeriksa waktu untuk menggunakan ponsel, baik untuk level aplikasi maupun secara umum. Friend Shopee sehingga Anda bisa mengetahui berapa lama Anda menggunakan aplikasi, berapa kali Anda membuka kunci ponsel cerdas Anda, jumlah pemberitahuan yang diterima, dan berapa kali Anda menggunakan ponsel Anda dalam satu hari. Fitur ini sangat berguna bagi mereka yang ingin mengoptimalkan waktu mereka.

Aplikasi pengatur waktu yang membatasi penggunaan aplikasi secara berlebihan

Mirip dengan fitur Dashboard, fitur ini juga bertujuan untuk memberikan apa yang Android sebut Digital Wellbeing. Dengan fitur ini Anda dapat menginstal batas waktu untuk aplikasi yang ingin dipilih Shopee Friend, dan aplikasi akan dikunci pada saat itu. App Timer diklaim dapat meningkatkan manajemen waktu dan produktivitas pengguna.

Lebih aman dengan Mode Terkunci

Tidak ada pengguna yang ingin ponsel mereka diakses oleh sembarang orang, oleh karena itu Android telah menyediakan berbagai fitur keamanan pada OS-nya sejak versi sebelumnya. Namun, kali ini di Android 9.0, Android menyediakan fitur tambahan yang dapat meningkatkan tingkat keamanan dan privasi smartphone, yaitu Mode Lockdown. Jika fitur ini diaktifkan, fitur sidik jari tidak dapat digunakan, dan pengguna ponsel cerdas harus membuka ponsel dengan fitur keamanan lainnya.

Fitur Baterai Adaptif

Fitur ini adalah salah satu fungsi yang disorot dalam versi Android 9.0 ini. Fitur ini memberikan kemampuan bagi smartphone untuk mempelajari tentang penggunaan aplikasi pengguna sehingga daya baterai dapat diprioritaskan untuk aplikasi yang memiliki jam terbang tinggi. Fitur ini juga akan mengoptimalkan penggunaan baterai oleh aplikasi latar belakang, kemudian memperpanjang usia baterai.

Fitur Kecerahan Adaptif

Di Android 9.0, Google memiliki ambisi untuk membuat smartphone lebih pintar dengan memberi mereka kemampuan untuk belajar tentang kebiasaan dan preferensi pengguna. Fitur kecerahan adaptif adalah salah satu fitur yang disematkan oleh Google untuk mencapai ambisinya. Smartphone dapat secara otomatis mempelajari preferensi tingkat kecerahan di lingkungan yang berbeda.

Fitur App Actions yang dapat memprediksi pola penggunaan pengguna

Fitur App Actions ini sangat menarik bagi pengguna yang ingin menguji kemampuan Android 9.0. Google mengklaim bahwa fitur ini dapat memprediksi langkah-langkah yang akan diambil kemudian oleh pengguna di area ponsel cerdas. Dengan fitur ini, Google ingin menggarisbawahi ambisi mereka untuk membuat smartphone lebih pintar dengan mempelajari kebiasaan pengguna.

Tidak lama OS setelah Android 9.0 Pie diresmikan, sejumlah produsen berbondong-bondong menyatakan kesiapan mereka untuk menyambut generasi terbaru dari sistem operasi Google. Dirangkum oleh PhoneRadar, berikut adalah beberapa smartphone yang pasti akan mendapatkan pembaruan Android 9.0 Pie.

Daftar hp dengan Update Android Pie

Google

gogel pixel XL

Google Pixel
Google Pixel XL
Google Pixel 2
Google Pixel 2 XL

Nokia

Nokia 1
Nokia 2
Nokia 2.1
Nokia 3
Nokia 3.1
Nokia 5
Nokia 5.1
Nokia X5 (Nokia 5.1 Plus)
Nokia 6
Nokia 6.1
Nokia X6 (Nokia 6.1 Plus)
Nokia 7
Nokia 7 Plus
Nokia 8
Nokia 8 Sirocco

OnePlus

OnePlus 3
OnePlus 3t
OnePlus 5
OnePlus 5t
OnePlus 6
Penting

Sony

Sony Xperia XZ Premium
Sony Xperia XZ1
Sony Xperia XZ1 Compact
Sony Xperia XZ2
Sony Xperia XZ2 Compact
Sony Xperia XZ2 Premium

HTC

HTC U12 +
HTC U11 +
HTC U11
HTC U11 Life

Huawei

Huawei Mate 10 Pro
Huawei P20 Pro

OPPO

Oppo R15 Pro

Vivo

Vivo X21 (Vivo X21 UD)

Xiaomi

Xiaomi Mi A2 pie 9

Xiaomi Mi MIX 2S
Xiaomi Mi A1
Xiaomi Mi A2
Xiaomi Mi A2 Lite

Asus

Asus Zenfone Max Pro M1
Asus Zenfone 5
Asus Zenfone 5Z

Daftar android pie Samsung

Galaxy S9 Plus (Mei 2019)
Galaxy S9 (Mei 2019)
Galaxy Note 9 (Mei 2019)
Galaxy S8 (Mei 2019)
Galaxy S8 Plus (Mei 2019)
Galaxy Note 8 (Mei 2019)
Galaxy A8 2018 (Mei 2019)
Galaxy A8 Plus 2018 (Mei 2019)
Galaxy A7 2018 (Mei 2019)
Galaxy A9 2108 (Mei 2019)
Galaxy Tab S4 10.5 (Mei 2019)
Galaxy J4 2018 (Mei 2019)
Galaxy J4 Plus 2018 (Mei 2019)
Galaxy J6 2018 (Mei 2019)
Galaxy J6 Plus 2018 (Mei 2019)
Galaxy A8 Star (Mei 2019)
Galaxy J7 2017 (Juli 2019)
Galaxy J7 Duo (Agustus 2019)
Galaxy XCover 4 (September 2019)
Galaxy J3 2017 (September 2019)
Galaxy Tab S3 9.7 (September 2019)
Galaxy Tab A 2017 (Oktober 2019)
Galaxy Tab Active 2 (Oktober 2019)
Galaxy Tab A 10.5 (Oktober 2019)

Daftar ini tentu tidak akan berhenti hanya pada mode yang disebutkan di atas. Di masa depan sangat mungkin bahwa lebih banyak perangkat akan mengadopsi Android Pie, apalagi beberapa nama seperti Samsung, BlackBerry, Meizu, TCL, Alcatel dan BLU belum mengkonfirmasi kesiapan mereka.

Saat akan diluncurkan, masih belum diketahui – kecuali Telepon Pixel dan Esensial. Tapi setidaknya informasi ini adalah pengingat awal bahwa Anda dapat segera bersiap-siap untuk menyambut kedatangan Android Pie.

Android 9.0 Pie samsung sendiri dirancang untuk mengakomodasi tren dan kebiasaan pengguna perangkat pintar. Android Pie sepenuhnya mendukung tampilan ujung-ke-ujung yang meningkatkan pengalaman pengguna, dan bahkan mendukung navigasi gerakan yang sebelumnya hanya sebuah konsep.

Menjawab masalah konsumsi daya yang belum selesai, Google menghadirkan fitur daya adaptif yang akan mempelajari cara orang menggunakan ponsel, kemudian menawarkan energi maksimum untuk aplikasi yang paling sering digunakan.

Selain itu, sistem operasi ini juga dapat memprediksi apa yang akan dilakukan pengguna perangkat, dan dengan cerdas merekam pola penggunaan aplikasi sehingga mereka dapat menebak apa yang ingin dilakukan pengguna setelah tindakan pertama lebih cepat dari sebelumnya. Namun di sisi lain, Android Pie juga ingin mengontrol penggunaan perangkat dengan menghitung berapa lama seseorang menggunakan aplikasi tertentu dan kemudian menampilkannya dalam data empiris yang lengkap.

Mungkin cukup sampai disini saja yang akan penulis sampaikan kepada anda tentang Android Pie yang memiliki banyak fitur terbarunya yang berkesan. Baca terus artikel ini sampai anda benar-benar mengetahui semua tentang Android Pie. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda, terima kasih telah membaca artikel ini sampai selesai.

Ayo Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *