31 Mei 2019 BBM Ditutup, Apa Kenanganmu Ketika Menggunakan BBM ?

By | May 31, 2019
goodbye bbm

Aplikasi – 31 Mei 2019 BBM Ditutup, Apa Kenanganmu Ketika Menggunakan BBM ?, Layanan BBM Messenger ditutup atau dihentikan pada 31 Mei 2019, yah itu adalah kenyataan pahit yang harus dialami salah satu produsen seluler terbesar pada jamannya. Pengumuman ini sudah disiarkan sejak bulan April 2019 lali lewat blog resmi BBM

Terima kasih sudah pernah menjadi bagian dari kami. tulis BBM. “waktunya mengucapkan selamat tinggal” disertai dengan poster melambaikan tangan. Hmmp cukup suram ya nasib BBM Messenger ini padahal dulu kita nih ada 90an berlomba – lomba memasang BBM di smartphone android. Yuk SEdikit flashback dan belajar tentang android gaes.

Sejarah Singkat BBM

BlackBerry Messenger (BBM) Ditemukan Oleh Seorang Pria Bernama Gary Klassen. Gary Klassen Sendiri Lulusan Mahasiswa University Of Waterloo Jurusan Geologi Pada Tahun 1992
Awalnya Gary Tidak Sengaja Menemukan Tim Kecilnya Untuk Mengembangkan BlackBerry Messenger Ini. Pada Tahun 2005 Gary Klassen Mulai Mengembangkan Aplikasi BBM Ini Dengan Tim Kecilnya.

Pada Saat Kemuculannya, Aplikasi BBM Ini Hanya Bisa Digunakan Di Smartphone Berbaris BlackBerry. Pada Saat Itu Pula Orang Berbondong-bondong Menggunakan Smartphone Berbaris BlackBerry Ini. Karena, Mempunyai Fitur Yang Lengkap, Proses Pengiriman Pesan Cepat, Dan Bisa Menggunakan Layanan Aplikasi BBM Ini Tanpa Membuka Sebuah Browser Seperti Opera Mini Maupun UC Browser.

Baca juga : Emulator Android Ringan Terbaik untuk Windows dan MacOS

Namun, Seiring Berjalannya Waktu. Aplikasi BlackBerry Messenger Ini Mulai Terusik Dengan Munculnya Smartphone Berbaris Android Yang Diprakasari Oleh Mesin Pencari Nomor Satu Yaitu Google. Sampai Sekarang Ini Smartphone Berbaris Android Masih Bertebaran Di Mana-Mana, Dengan Harga Yang Cukup Murah Dan Stabil. Sehingga, Hampir Membuat Seluruh Pasaran Dunia Menggunakan Smartphone Berbaris Android Ini. BBM Ditutup

Bukan Hanya Itu, Kemunculan Aplikasi Messenger Lainya Yang Mempengaruhi Ekstensi Blackberry. Beberapa Tahun Yang Lalu, Resmi Meluncurnya BlackBerry Versi Android Dan Versi Platfrom. Hampir Sempat BlackBerry Messenger Ini Menurun Drastis. Namun, Naik Secara Tiba-Tiba Setelah Adanya BlackBerry versi Android Dan versi Platfrom.

Sejarah BBM Di Indonesia

BBM Ditutup

Di Indonesia, BBM beroperasi di bawah Grup Emtek. Kerja sama ini sifatnya adalah komitmen BBM seumur hidup.

BBM menjalin kerja sama dengan Emtek dalam bentuk brand, perjanjian lisensi software, dan hak kekayaan intelektual atas aplikasi pesan instan BlackBerry Messenger (BBM) pada Juni 2016 lalu.

Nilai perjanjian tersebut mencapai 207,5 juta dollar AS (sekitar Rp 2,7 triliun).

Perjanjian ini memungkinkan pengguna aplikasi pesan instan BBM mengakses beragam konten yang dimiliki oleh grup Emtek, seperti video, acara televisi free-to-air, dan koleksi lebih dari 100 ribu jam konten TV.

Emtek juga memiliki akses untuk mengembangkan ekosistem BBM yang menggabungkan aplikasi messaging, media sosial, konten, hiburan, dan e-commerce.

BBM kini juga memiliki fitur-fitur layaknya aplikasi chatting lain, seperti mengirim pesan dengan stiker, melakukan panggilan video menikmati konten melalui channel BBM, dan juga kemudahan untuk membayar tagihan dari aplikasi BBM.

Namun sayangnya, aplikasi BBM memang saat ini semakin tersisih oleh aplikasi chatting populer lainnya, seperti WhatsApp, Messenger, Line, WeChat, dan Telegram.

Mengutip dari wikipedia.org BBM, yang sebelumnya dikenal dengan nama lengkap BlackBerry Messenger, adalah aplikasi instant messenger dan videotelephony seluler yang disertakan pada perangkat BlackBerry yang memungkinkan pengiriman pesan dan panggilan suara antara pengguna BlackBerry, iOS, Android, dan Windows Mobile.

Edisi konsumen, BBM Consumer dikembangkan oleh perusahaan Indonesia Emtek di bawah lisensi dari BlackBerry Limited (sebelumnya dikenal sebagai Research In Motion).

Sementara edisi perusahaan berbayar, yang disebut BBM Enterprise (sebelumnya dikenal sebagai BBM Protected), dikembangkan sepenuhnya oleh BlackBerry Terbatas.

Pesan yang dikirim melalui BBM dikirim melalui Internet dan menggunakan sistem PIN BlackBerry.

Di masa lalu, banyak penyedia layanan mengizinkan masuk ke BBM menggunakan paket data BlackBerry khusus.

Bertukar pesan dimungkinkan untuk satu orang atau melalui diskusi khusus atau grup obrolan, yang memungkinkan beberapa perangkat BlackBerry untuk berkomunikasi dalam satu sesi.

layanan bbm dihentikan 31 mei

Selain menawarkan pesan instan berbasis teks, BBM juga memungkinkan pengguna untuk mengirim gambar, pesan suara (rekaman audio), file (hingga 16 MB), berbagi lokasi waktu nyata di peta, stiker, dan beragam pilihan emoji.

Komunikasi hanya dimungkinkan antara perangkat BlackBerry hingga akhir 2013 ketika BBM dirilis pada sistem iOS dan Android.

300 juta Stiker telah dibagikan.

Baca juga : Android Pie, OS Terbaru yang Memiliki Banyak Fitur Berkesan

Setiap hari, 150.000 Panggilan Suara BBM dilakukan.

Ada lebih dari 190 juta pengguna BBM di seluruh dunia pada 2015, dan infrastruktur BlackBerry menangani 30 petabyte lalu lintas data setiap bulan pada awal 2013.

BBM adalah layanan perpesanan pertama “mobile-first”, dan populer untuk sementara waktu sebelum mulai kalah oleh saingan.

Pada April 2016, Indonesia adalah satu-satunya negara di mana BBM adalah aplikasi perpesanan paling populer – diinstal pada 87,5% perangkat Android di negara ini.

Selamat tinggal BBM semoga tenang di alam sana :v . aku ingat berapa banyak yang saya sepik sepik menggunakan jasamu, apalagi emot pelukmu yang bikin cewek klepek – klepek itu hmmppp aduhai sekali memang. Terima kasih telah membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *